Apa Saja Imunisasi Yang Diperlukan Untuk Remaja Putri

PASIEN BERTANYA: Teman sekolah saya ingin melanjutkan sekolah keluar negeri.Salah satu persyaratan kesehatan yang harus dijalaninya adalah Imunisasi Rubela.Saya belum pernah mendengar penyakit rubela.

Bagaimana gelajanya dan apa pula bahayanya ? Apakah hanya orang yang akan keluar negeri saja yang perlu di imunisasi rubela ?

Saya belakangan ini juga membaca tentang vaksin HPV untuk pencegahan kanker sertviks.Saya seorang mahasiswa yang baru berumur 18 tahun.Apakah saya perlu menjalani imunisasi HPV ? Bagaimana dengan kakak saya yang sudah berumur 27 tahun dan sudah menikah satu tahun lalu,apakah dia juga perlu dilindungi dengan vaksin HPV ?

Setahu saya imunisasi dilakukan semasa anak-anak,tetapi rupanya sekarang juga perlu untuk orang dewasa.Apa saja vaksin yang diperlukan remaja putri ?

DOKTER MENJAWAB : Imunisasi memang bermanfaat untuk anak,karena itulah,pemerintah melaksanakan program imunisasi untuk anak.Diharapkan anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta terhindar dari berbagai penyakit menular yang dapat dicegah dengan imunisasi.Kita bersyukur imunisasi anak telah berlajan baik dan cakupannya pada umumnya sudah tinggi.

Selain anak,sebenarnya orang dewasa juga akan mendapatkan manfaat jika menjalani imunisasi.Imunisasi dewasa memang belum menjadi program pemerintah sehigga biaya imunisasi harus dipikul sendiri oleh masyarakat.Padahal Imunisasi untuk orang dewasa tidak kalah pentingnya dengan imunisasi untuk anak-anak.

Orang yang sudah berusia lanjut sebenarnya sangat memerlukan imunisani untuk Influenza.Jika penyakit ini menyerang orang dewasa penyakit ini akan menimbulkan gejala dan kesembuhannya memerlukan beberapa waktu untuk sembuh.Namun,Influenza diusia orang lanjut usia  dapat menimbulkan komplikasi karena tingkan kekebalan tubuh orang berusia lanjut sudah menurun.Akibat komplikasi ini  penderita sering  sering kali harus dirawat di rumah sakit,bahkan beresiko menghadapi kematian.

Karena itulah, dinegara maju imunisasi influenza pada orang usia lanjut menjadi program pemerintah yang berarti dibiayai pemerintah.

Pada Remaja Putri,Imunisasi rubela memang penting.Penyakit Rubela ( Campak Jerman ) disebabkan virus dan sebenarnya cukup sering ditemuan di negeri kita.Masa inkubasinya 12 s/d 23 hari.Penularan Rubela terjadi melaluli udara.

Penyakit ini sering dijumpai pada anak dan remaja.Gejala penyakit ini berupa deman,nyeri sendi,ruam kulit,dan pembengkakan kelenjar getah bening.Pada umumnya penyakit ini akan sembuh sendiri.

Jika infeksi Rubela terjadi pada masa kehamilan muda ( di bawah 20 minggu ),janin yang sedang dikandung dapat mengalami kelainan.Kelainan tersebut dapat berupa ganguan pendengaran,kelainan mata,ganguan jantung,serta bayi dapat mengecil ( mikrosefali ).Gejala-gejala ini disebut sebagai sindrom rubela kongenital.

Dengan adanya imunisasi,sindrom rubela kongenitial ini menurun tajam.Karena itulah para calon ibu hendaknya dilindungi dari kemungkinan infeksi rubela dengan cara semasa reamaja putri sudah diimunisasi Rubella.

Di luar negeri rupanya cara paling efisiensi untuk imunisasi adalah melakukan imunisasi pada waktu sebelum masuk universitas.Imunisasi Rubella tidak hanya untuk remaja yang akan bersekolah diluar negeri,tetapi juga diperlukan remaja putri Indonesia agar mempunyai kekebalan terhadap rubela.

Dengan demikian,bila terjadi paparan terhadap virus rubela pada perempuan,terutama pada waktu hamil muda,paparan tersebut tidak akan berkembang menjadi penyakit rubela karena sudah mempunyai kekebalan terhadap rubela.

Dewasa ini memang sudah tersedia vaksin HPV ( Human Papilloma Virus ) untuk mencegah kanker serviks ( leher rahim ).Seperti diketahui kanker serviks merupakan kanker yang paling sering menyerang perempuan di Indonesia.Cara menurunkan risiko kanker serviks adalah dengan menjalani deteksi dini melalui pemeriksaan Pap Smear.

Sekarang tersedia cara lain ,yaitu dengan imunisasi HPV.Vaksin ini baru mendapat izin beredar di Amerika Serikat tahun 2006,tetapi sekarang sudar beredar di 80 Negara termasuk Indonesia.

Vaksi HPV diindikasikan untuk perempuan berumur 9 s/d 26 tahun.Jadi,karena umur Anda 18 tahun,maka Anda termasuk yang akan mendapat manfaat dari vaksin ini.Cara kerja vaksin ini adalah dengan mencegah vaksin HPV yang berperan penting dalam terjadinya kanker serviks.

Hanya saja harga vaksin ini masih terhitung mahal untuk sebagian besar masyarakat kita.Mengenai kakak Anda yang sudah berumur 27 tahun dan sudah menikah,mungkin manfaat vaksin HPV tak akan sebagus  mereka yang masih berusia di baeah 26 tahun.Sebaiknya dia menghubungi dokter keluarga atau dokter specialis kandungan untuk berkonsultasi mengenai manfaat vaksin HPV untuk perempuan diatas usia  26 tahun.

Nah,selain rubela dan HPV,jangan lupa sebelum menikah untuk menjalani imunisasi tetanus.Sebenarnya masih banyak vaksin lain yang diperlukan remaja putri.Tetapi ketiga Vaksin ini merupakan vaksin yang di perioritaskan untuk remaja putri.

 

Ads

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *