Apakah Menopause Itu Dapat Menyebabkan Banyak Penyakit ?

Terapkan Gaya Hidup Sehat Sejak Muda

Menopause atau berhenti haid disebabkan oleh keseimbangan hormon wanita menjadi berubah akibat usia.Seringkali orang yang sudah menopause banyak yang dirasakan,misalnya,sering ada ganguan pencernaan,suhu tubuh berubah-ubah,tekanan darah menjadi tinggi,mudah tersinggung,suka sesak, jantungnya berdebar-debar,osteoporosis,osteoatritis dan sebagainya.

Seorang wanita yang masih haid,hormon kewanitaannya terutama estrogen masih berproduksi dengan baik sehingga menyehatkan jantung,mempertahankan kepadatan tulang,membantu untuk tidur nyenyak,mengatur suhu tubuh,menyehatkan alat kelamin seperti vagina,vulva,uterus (rahim),dan menjaga fungsi perkemihan.

Itu alasan mengapa bila gejala-gejala postmenopause itu agak berat dirasakan, pasien biasanya diberiakan terapi “HRT” ( Hormon Replacing Therapy ) . Wanita postmenopouse diberikan suntikan pengganti estrogen yang sudah menurun itu atau bahkan tidak diproduksi lagi.Suplamen bisa digunakan untuk memberikan kekebalan tubuh  atau mengatasi kekurangan nutrisi.

Bagi ibu-ibu muda,agar masa tua postmenopause-nya tetap sehat,terapkanlah gaya hidup sehat sejak muda.Akan berbeda gejala dan keluhan bagi tiap wanita usia lanjut dan atau postmenopause.Ada yang ringan-ringan saja ,ada pula yang merasa segala macam rasa sakit.Ingat bahwa hidup itu adalah proses.

Hari ini hasil proses kemarin,hari esok hasil proses hari ini,hari tua adalah bagaimana kita berproses dikala muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *