Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Dengan Benar

Saya ibu rumah tangga berusia 36 tahun mempunyai dua orang anak,sejak hamil anak kedua sampai sekarang saya menderita wasir,sudah berobat,sembuh tapi kambuh lagi.Selain seperti itu,Dokter menganjurkan operasi,tapi saya tidak mau,saudara saya dioperasi wasir,jadi sulit menahan buang air besar.Apakah ada cara untuk menyembuhkan wasir dengan herbal atau olahraga ?

 

JAWAB :

Wasir nama lain dari ambien,yaitu suatu keadaaan disekitar lubang pelepasan buang air besar (anus dan rektum ) dan pembuluh darah balik ( vena ) membesar dan melebar.Pada awalnya,masih bisa masuk lagi.Lama-kelamaan makin banyak yang melebar dan membentuk benjolan.Jika benjolan ini keluar,bisa dimasukan dengan bantuan tangan,Namun ada yang tidak dapat dimasukan lagi.Keadaan seperti ini mengakibatkan nyeri dan sulit duduk.

Pasien yang wasir lebih banyak perempuan.Pada perempuan biasanya wasir terjadi pada saat hamil atau sesudah melahirkan.Pada orang usia lanjut,dapat terjadi karena batuk-batuk kronis atau susah buang air.Kedua kejadian itu membuat tekanan dalam perut atau panggul meninggi dan menekan pembuluh darah di bagian bawah,diantaranya di daerah lubang BAB.

Untuk menghindari atau mencegah wasir,usahakan agar BAB lancar dan minimal sehari sekali,jangan sampai sembelit.Makanlah sayur dan berserat agar BAB lancar.Olahraga pun bisa membantu melancarkan BAB.

Untuk mereka yang sudah terkena wasir,usahakan jangan sembelit atau susah BAB,jika batuk sebaiknya juga cepat diobati.Pekerja yang banyak berdiri juga beresiko wasir.Bila benjolan wasir sudah sulit dimasukan,memang sebaiknya dioperasi.Jika tidak ada biaya,pakailah BPJS kesehatan,lalu bagaimana jika tidak mau dioperasi.

Lidah buaya mengandung anti-inflamasi (antiradang) dan juga astringen (mengerutkan).Jika dikonsumsi,lidah buaya bisa melancarkan pencernaan dan memudahkan BAB.Sirih merah memiliki efek mengerutkan.

Dokter biasanya memberikan obat suppositoria .Obat ini berbentuk peluru untuk dimasukan ke anus.Caranya,Anda tengkurap dan kepitan otot bokong kuat-kuat,lalu masukan obat ini ke anus.Suppositoria mengandung obat yang dapat meleleh dalam saluran rektrum.Kemudian,obat ini akan diserap oleh vena dan bisa mengecil.sumber:buku medis,herbal & holistik

Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *