Bolehkah Mengonsumsi Minuman Kesehatan Setiap Hari ?

Bolehkah Mengonsumsi Minuman Kesehatan Setiap Hari ?

Dalam kesibukan sehari-hari ,berpikirlah bahwa pola makan dengan gizi sehat seimbang,memelihara kasih sayang antar anggota keluarga,olahraga,dan beribadah erat sekali hubungannya  dengan kesehatan secara menyeluruh,yaitu sehat walafiat.

Menjadi ibu rumah tangga dan menjadi pengusaha,keduanya memerlukan tanggung jawab dan paham konsekuensi yang harus dihadapi,terutam terhadap kesehatan.Terpikirlah yang paling mudah untuk menjaga kesehatan di tengah kesibukan adalah dengan minum minuman kesehatan.

Keadaan seperti ini menguntungkan bagi mereka yang jeli melihat kesempatan.Bermunculanlah usaha-usaha produk minuman kesehatan dalam kemasan dengan iklan yang menarik.Minuman X meningkatkan daya tahan tubuh.Minuman Z membuat awet muda dan tenaga cepat pulih.Masih banyak lagi produk dengan label yang memesona konsumen agar getol mengonsumsi minuman kesehatan.

Minuman kesehatan itu mungkin tidak membahayakan,jika diminum sekali-kali saja.Hal yang patut dipertanyakan adalah benarkah terjadi peningkatan kesehatan dengan minum minuman kesehatan atau sekedar efek psikologis ? Bahkan,mungkin terjadi ketergantungan dengan minuman tersebut.Kalau dikaji lebih teliti,khasiat minuman kesehatan belum bisa dibuktikan.Iklan hanya memprosmosikan khasiat tanpa alasan yang kuat.

Minuman isotonik yang biasa diminum sehabis olahraga mencantumkan kegunaan unsur yang dikandungnya seperti cairan dan mineral sebagai pengganti seketika cairan yang hilang saat berolahraga.Minuman kesehatan lainnya biasanya mencantumkan bahan-bahan seseuai dengan maksud untuk kesehatan.Aturan minumnya sering kali tidak dijelaskan.Ada yang diminum sebotol perhari setiap hari.Bahkan,ada yang dianjurkan sesering mungkin.

Sebenarnya produk-produk minuman kesehatan ini membantu mereka yang merasa kekurangan waktu untuk  makan dan minum dengan jumlah,jenis,dan waktu yang memadai.Alangkah lebih bermanfaat seandainyna dikaji lagi cara pembuatannya agar menguntungkan bagi konsumen ataupun produsen.

Dalam produk kemasan apa pun, tentu terkandung bahan pengawet.Agar warnanya menarik dibubuhi zat pewarna,jadi zat aditif didalamny.Sedikit,sih dan tidak membahayakan karena dalam jumlah yang diizinkan.Namun,keseringan memasukan bahan kimia aditif apakah tidak akan menjadi sampah dalam tubuh ?

Jika Anda merasa kurang sehat,pikirkan kembali apa penyebabnya.Sesungguhnya telah banyak dikemukan oleh para ahli gizi dan pakar kesehatan tentangkonsep sehat gizi seimbangan,pentingnya sarapan,menggerakan badan atau lebih efektiknya berolahraga dan meningkatkan kepedulian sosial.Semua kegiatan ini bertujuan meningkatkan dan memelihara kesehatan Anda.

Minuman kesehatan itu mungkin tidak membahayakan,jika diminum sekali-kali saja.Hal yang patut dipertanyakan adalah benar terjadi peningkatan kesehatan dengan minum dan minuman kesehatan atau sekadar efek psikologis ? Bahkan,mungkin menjadi ketergantungan dengan minuman tersebut.

Jika Anda membutuhkan tambahan vitamin atau mineral karena dirasakan dari makanan kurang cukup,ambilah sediaan vitamin dan mineral yang umumnya dimakan satu butir atau satu kapsul sehari.

Tidak ada paksaan untuk memilih salah satu minuman kesehatan atau multivitamin mineral.Terserah kepada Anda selalu baca label pada kemasan dan cari tahu apa manfaat bahan-bahan yang terkandung dalam minuman tersebut.Apakah ada zat aditif didalamnya ?

Mari kita kembali menoleh kepada kehidupan yang menyehatkan.Kesibukan memang tetap berlangsung,tetapi gaya hidup sehat harus kita jalani dan menjadi prilaku kita setiap saat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *