Cara Mengatasi Penyakit Lambung Tanpa Obat

Saya ( ibu,35 tahun ) suka nyeri perut,perih,dan kembung.Awalnya,saya ke puskesmas,tapi lama-lama beli obat di warung saja.

Kata dokter,saya kena penyakit maag.Apa penyakit ini bisa disembuhkan.

JAWAB :

Maag berasal dari bahasa Belanda yang artinya lambung.Penyakit maag lokasi lambung.Dalam bahasa kedokteran,disebut ulkus peptikum  ( luka pada saluran cerna.luka dalam dinding lambung ).Lokasi ulkus ( luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput lendir ) bisa dilambung (ulkus gastrikum),bisa diusus 12 jari (ulkus duodenum).

Pada mulanya gejalanya tidak enak diperut,kembung,perut berbunyi,lama kelamaan terasa nyeri,kadang-kadang bila sedang terasa nyeri dengan makanan sesuatu,nyeri hilang.Namun kadang-kadang tetap saja nyeri.Jika tidak diobati ,nyeri bertambah.

Luka itu terjadi karena iritai asam lambung ( HCI ) yang produksinya berlebih.HCI dihasilkan oleh dinding lambung untuk membantu proses pencernaan makanan.Jika HCI berlebihan,saat perut kosong dan tidak ada makanan,HCI mengiritasi ( melukai ) dinding lambung,terjadi luka yang berakibat nyeri lambung.

Nyeri dapat dirasakan bila makan makanan rasa asam.Beberapa keadaan dapat memicu produksi HCI berlebihan.Misalnya,alergi terhadap udara dingin,makanan,keadaan stres,kesibukan,lupa makanan dan sebagainya.Alergi merangsang pembentukan histamin dalam tubuh.Histamin ini merangsang pengeluaram HCI.

Stres merangsang saraf otonom ( saraf yang tidak disadari ) mengeluarkan hormon adrenalin yang berefek merangsang pengeluaran HCI.Jadi,alergi dan stres dengan berbagai penyebab dapat mengakibatkan ulkus peptikum.

Insomnia dengan berbagai sebab juga dapat meningkatkan HCI lambung,atau sebaliknya,produksi asam lambung berlebihan dapat membangunkan Anda selagi tidur karena nyeri perut,sehingga terjadi insomnia.Sering kali pasien-pasien dengan ulkus peptikum mempunyai sifat panik,mudah putus asa,buntu pikiran,tidak puas dengan keadaan,dan kurang bersyukur.

Penyakit ini bisa disembuhkan.Caranya selalu berpikir positif.Pengalaman hidup menjadi pelajaran untuk hidup lebih baik.Katakan bahwa semua masalah yang dihadapi dimasa lalu telah selesai dan mengatarkan kita sampai hari ini.Jika masalah hidup muncul lagi namanya juga hidup,pasti diuji.Usahakanlah mencari jalan keluar pada Yang Maha Pengasih dan Penyanyang berserah diri pada-Nya.

Sering kali pasien-pasien dengan ulkus peptikum mempunyai sifat panik,mudah putus asa,buntu pikiran,tidak puas dengan keadaan,dan kurang bersyukur.

Bila berobat ke dokter,pasien ulkus peptikum akan diberi obat antasida.Antasida artinya anti-sida ( anti-asam ).Obat ini hanya menghilangkan nyeri sementara,tetapi akan kambuh lagi nanti.Terlalu sering mengonsumsi obat ini bisa menyebabkan HCI tidak di hasilkan lagi,timbul masalah baru.Kalau memang tak ada lagi obat yang bisa menghilangkan nyeri lambung selain antasida,pakailah jika perlu saja sebab antasida bukan untuk penyembuhan.

Lalu Ulkus peptikum ini harus diapakan ? selalu berpikir positf dan tenang juga merupakan langkah penyembuhan.

Minumlah satu gelas air putih hangat dengan 7 – 10 tetes air jeruk nipis.Percayalah jeruk nipis itu asam rasanya,tetapi bas sifatnya sehingga sangat baik bagi tubuh.

Ternyata obat ulkus peptikum itu dekat dengan kita ,mudah dijangkau dan mudah dilakukan.Ayo tenangkan hati Anda dengan meneguhkan keimanan kapada Allah Yang Maha Pengasih & Penyayang.Dekati dia supaya Dia ingat kepada kita.Tersenyumlah agar lambung pun ikut tersenyum.Rajin salat,mengaji,dan berbuat baik.Kebaikan yang Anda lakukan akan kembali kepada Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *