Dampak Negatif Konsumsi Gula

Hindari Mengonsumsi Gula Berlebihan

Anda yang hobby mengonsumsi makanan yang kaya gula .ada baiknya mulai membatasi ,karena lebih banyak buruknya dari pada manfaatnya buat kesehatan dan tubuh Anda.

Di Artikel ini akan di jelaskan beberapa dampak buruk mengkonsumsi gula berlebihan,semoga dengan membaca beberapa penjelasan di bawah ini bisa mulai merubah mindset kita akan konsumsi gula.

Berikut kerugian mengonsumsi gula berlebihan :

1. Merusak Jantung.

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat membuat kerja jantung memompa darah menjadi tergangu.Molekul glukosa 6-fosfat dalam gula bisa merusak otot jantung sehingga jika dibiarkan terus – menerus bisa mengakibatkan gagal jatung.

2. Menyebabkan timbunan lemak di perut.

Perut dan lingkaran pinggang merupakan tempat bertimbunnya lemak.Seiring bertambahnya usia ( mulai dari 25 tahun),lemak di daerah ini semakin sulit di hancurkan.Konsumsi gula berlebihan menyebabkan timbunan lemaks semakin banyak.Lama-lama akan menyebabkan obesitas.

3. Sillent Killer.

Selain garam yang sangat ditakutkan sebagai penyebab penyakit darah tinggi,gula memnyebabkan obesitas ( kegemukan ) juga bis menjadi pembunuh sewaktu-waktu.

4. Merupakan racun bagi hati ( Liver ).

Konsumsi gula berlebihan dapat merusak organ hati,Kandungan dalam gula berupa fruktosa jika terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan terbentuknya lemak di hati yang menyebabkan penyakit fatty liver ( perlemakan hati ).

5. Merusak Otak.

Gula berlebihan yang masuk ke dalam tubuh sangat berkaitan erat dengan terjadinya penuan sel-sel otak.

6. Merusak Gigi.

Konsumsi makanan dan minuman dengan kandungan pemanis tinggi dapat memicu timbulnya lubang dan karang pada gig.Gula merupakan makanan bagi bakteri dan bisa menghasilkan asam penyebab gigi berlubang.

7. Meningkatkan resiko diabetes.

Konsumsi gula berlebihan bisa menggangu sistem imun dalam tubuh.Lama-kelamaan akan beresiko terkena diabets tipe-2.

8. Meningkatkan tekanan darah

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah.Jika hal ini terjadi,dapat menyebabkan sel-sel otot polos di sekitar pembuloh darah tumbuh lebih cepat yang bisa menyebabkan dinding arteri mengencang dan tersumbat.Akhirnya,tekanan darahpun meningkat.Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan terjadinya stroke.

9. Mengacaukan kadar kolesterol

Sebuah studi yang dimuat di Journal Medical Association menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida ( lemak darah ).

10. Meningkatkan Resiko Kanker.

Penelitian dari University Of Minnesota menyebutkan bahwa mereka yang dua kali lebih banyak mengonsumsi minuman ringan bergula tinggi akan beresiko lebih besar terkena kanker pankreas (87%).

11. Meningkatkan resiko penyakit asam urat.

Asam urat merupakan hasil metabolisme fruktos.Penelitian dilakukan pada 2008 menyebutkan bahwa konsumsi gula,minum ringan,dan fruktosa sangat erat kaitanya dengan resiko penyakit asam urat pada pria.

12. Menyebabkan ketidakkeseimbangan gizi.

Studi pada 1999 yang dilakukan oleh penelitian dari Departement pertanian Amerika menyebutkan bahwa mereka yang mendapat 18% atau lebih energi dari asupan gula akan mengalami kekurangan asupan kalsium,folat,zat besi,serta vitamin A dan C.Jika hal ini terjadi terus-menerus,akan menyebabkan malnutrisi.

13. Meningkatkan risiko resistensi hormon leptin.

Leptin merupakan hormon pemperi signal tubuh kapan saatnya berhenti makan.Apabila tubuh mengalami resistensi terhadap hormon ini,berat badan akan sulit dikontrol.Konsumsi fruktosa atau gula yang berlebihan dapat menyebabkan kandungan leptin menjadi tinggi dapat mengurangi sensitivitas tubuh terhadap hormon.Resistensi tubuh terhadap hormon leptin dipacu oleh konsumsi fruktosa yang berlebihan sehingg dapat meningkatkan timbunan lemak tubuh sehingga menyebabkan obesitas.

14. Meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Terlalu banya mengonsumsi gula terutama yang terkandung dalam minuman bersoda akan menyebabkan keruakan ginjal.Dikutip dari Advances in chronic Kidney Diseasa (2013) sebuah penelitian membuktikan bahwa seekor tikus yang diberi asupan soda manis secara berlebihan ginjalnya akan membengkak.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *