Hati-hati dengan gaya hidup,pola makan,dan pola pikir karena bisa Memicu Diabetes

Hati-hati dengan gaya hidup,pola makan,dan pola pikir karena bisa Memicu Diabetes

Dalam sel-sel tubuh kita terdapat inti sel,Inti sel mengandung DNA ( Deoxyribonucleic Acid = Asam Deoksribo Nukleat ). Suatu zat yang disebut gen.Gen itu membawa sifat-sifat fisik dan jiwa.Sifat-sifat dalam gen ini bisa menjelma atau tidak menjelma atau belum menjelma setelah melalui suatu proses.

Misalnya,sifat – sifat keawanitaan atau kelaki-lakian mulai menjelma ketika melalui proses usia pubertas.Diduga bahwa lingkungan sekitar dan /atau keadaan emosi serta mental kita dapat mempercepat ataupun menghambat proses itu.

Menurut Kazuo Murakami,berpikir positif akan membangun gen-gen bermanfaat.Faktor-faktor positif seperti kegembiraan,kesukacitaan,kepercayaan dan doa dapat mengaktifasi gen-gen yang berharga.Sementara itu,faktor -faktor negatif seperti kegelisahan ,stres ,rasa takut dan sakit dapat menonaktifkan sel-sel berharga.

Allah SWT berfirman bahwa manusia itu ( insan ) diciptakan dalam kesempurnaan badan dan jiwa,tetapi pilihan hidup diserahkan kepada masing-masing orang.Setelah kesempurnaan penciptaan-Nya,Dia mengilhamkan jalan dosa dan jalan taqwa.Buku pedoman memilih pun diturunkan berupa Alquran dan dijelaskan oleh Rasul-Nya.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kebiasaan orangtua dalam hal makan dan mengatasi masalah melekat dan mempengaruhi anak-anaknya di kemudian hari.Misalnya ,orangtua suka makan enak-enak tanpa memerhatikan sehat tidaknya yang dimakan.Cara orang tua menghadapi masalah apakah panik dan sulit tenang,gelisah atau galau.Jelas sifat ini tidak baik.

Mungkin kebiasaan tidak baik ini menjelmakan penyakit turunannya.Jika cara-cara hidup orangtua itu memengaruhi dan menjadikan prilaku anak-anaknya sama dengannya,gen penyakit pun akan muncul mendera turunannya.

Anda ada harapan tidak menderita diabetes dengan cara berprilaku dan berbuat yang baik-baik,atau seandainya Anda bisa mendeteksi prilaku kedua orang tua yang kurang baik dan memungkinkan terjadinya diabetes,ubahlah jangan diikuti.Misalnya ,pola makan yang kurang sehat,emosional,atau tidak mudah memaafkan.

Rasulullah SAW mengajarkan

“obati penyakitmu dengan sedekah”

“orang yang terbaik itu yang bermanfaat bagi orang lain”

” Berilah kemudahan kepada orang lain nanti Allah memberi kemudahan kepada mu ”

” Jangan marah,jangan marah,jangan marah”

Allah itu tergantung pada cara pandang Anda kepada-Nya.Dekatilah Allah,berusahalah,berdoalah.Bagi yang tidak mempunyai penyakit turunan,hati-hati dengan gaya hidup,pola makan,dan pola pikir.

 

Tas Travel Bag in Bag Organizer untuk Baju Kemeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *