Mengenal Gejala Kolesterol Sedini Mungkin

Mengenal Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat berlin yang terdapat  pada seluruh sel tubuh yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menghasilkan hormon ,vitamin D dan produk penting lainnya,Secara alami, zat ini terbentuk di dalam organ

Kolesterol akan berpindah melalui aliran darah dalam bentuk kecil dengan mengikat protein, maka itu disebut dengan lipoprotein. Ada 2 tipe lipoprotein, yaitu low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL).

Kolesterol yang menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung,stroke,hingga gagal jantung dikenal dengan Kolesterol LDL,karena apabila kadar kolesterol ini tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Kolesterol Jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) yang tinggi akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri, sehingga menyebabkan plak yang disebut aterosklerosis.

Sedangkan Kolesterol HDL biasanya dianggap sebagai kolesterol baik karena kolesterol ini membawa lemak dari bagian tubuh kembali ke hati,jadi kolesterol yang baik dapat membersihkan lemak-lemak yang biasa tertinggal di dalam pembuluh darah dan organ,sehingga nantinya dapat diolah oleh hati.

Plak ini menyebabkan arteri menjadi sempit, sehingga aliran darah pun melambat dan menurunkan asupan darah ke jantung, yang mengakibatkan gejala nyeri dada (angina). Apabila kadar kolesterol tidak diturunkan, plak dapat menumpuk semakin banyak sampai akhirnya menyumbat total pembuluh darah jantung, dan menyebabkan serangan jantung.

Kadar kolesterol HDL yang baik dalam darah adalah 45 mg/dl atau lebih Kadar trigliserida dalam darah yang baik adalah kurang dari 75 mg/dl (untuk anak 0-9 tahun) dan kurang dari 90 mg/dl (untuk anak usia 10-19 tahun)

Kadar kolesterol yang kurang dari 200 mg/dL masih bisa ditoleransi. Jumlah kadar kolesterol 200-239 mg/dL sudah masuk pada ambang batas tinggi. Jika jumlahnya mencapai 240 mg/dL atau lebih termasuk tingkat kolesterol tinggi. Untuk menjaga kadar kolesterol normal, hindarilah makanan yang mengandung lemak trans.

Makanan apa saja yang menyebabkan kolesterol tinggi?

Cegah kemungkinan yang lebih buruk dengan menghindari 7 makanan penyebab kolesterol tinggi berikut:

  1. Gorengan. Mengonsumsi gorengan sangat mempengaruhi tingkat kolesterol karena kandungan lemak jahat yang berasal dari minyaknya.
  2. Makanan Cepat Saji
  3. Keju
  4. Kuning Telur
  5. Makanan Bersantan
  6. Udang
  7. Es Krim

Ciri-cir orang yang mengalami gejala kolesterol tinggi?

Sakit kepala,kesemutan,dan sering merasa pegal-pegal ini merupakan ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama,setelah itu kolesterol tinggi yang akan dirasakan adalah muncul pegal-pegal atau sensasi yang berat pada tengkuk dan pundak.Adapun ciri yang lainnya sebagai berikut :

  1. Hilang keseimbangan
  2. Kesemutan
  3. Tubuh yang sangat lelah
  4. Mengalami sakit kaki dan tangan
  5. Sering mual dan muntah
  6. Emosi yang tidak stabil

 

Jika tubuh kita sudah mengalami gelaja kolesterol tersebut ,ada baiknya kita melakukan beberapa Cara alami dengan mengonsumsi minuman dan makanan  yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami.

  1. Mengonsumsi kulit manggis
  2. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam
  3. Mengonsumsi biji-bijian utuh
  4. Minum jus anggur
  5. Minum jus jambu merah
  6. Hindari makanan tinggi lemak dan pilih makanan sehat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *