Otak Manusia Yang Serba Misterius

Otak Manusia Yang Serba Misterius

Otak manusia adalah salah satu organ tubuh yang paling misterius, mengagumkan, rumit dan paling berharga. Organ yang berfungsi sebagai mesin penggerak tubuh ini juga memiliki banyak keunikan

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Salk Institute ini menemukan bahwa otak manusia ternyata memiliki kapasitas memori setidaknya 1 petabyte atau setara dengan 10 juta gigabyte. Jumlah itu diperkirakan setara dengan internet saat ini

Hampir semua energi dihabiskan oleh otak

Meskipun design otak diciptakan kecil dan bobot beratnya diperkirakan  2% dari ukuran berat tubuh manusia, tapi tahukah kamu jika energi yang dibutuhkan oleh otak lebih banyak jika dibandingkan dengan organ tubuh lainnya. Kebutuhan energi itu tidak hanya diperlukan saat otak bekerja saja. Namun di saat kita tidur, ternyata otak masih membutuhkan oksigen lho. Perlakuan spesial pada otak juga terlihat pada tengkorak kepala yang membungkusnya. Cuma otak saja yang memiliki tempat tinggal “mewah” dibanding dengan organ lainnya.

Otak butuh banyak pasokan darah

Untuk memaksimalkan kerja otak Asupan darah ke otak tidak boleh berkurang karena otak sangat membutuhkan banyak pasokan darah setiap hari.Fakta bahwa jantung harus mengalirkan 30% aliran darahnya keotak,Alhasil jika aliran darah lancar menuju otak ,reaksi otak untuk melakukan suatu tindakan mampu dikerjakan dalam waktu 1 per 10 detik,Wah, reaksi yang sangat cepat sekali,ya !

 Otak masih bisa berfungsi 3-5 menit setelah kepala dipenggal

Selain darah,Glukosa dan oksigen yang ikut terangkut dalam aliran darah sangat membantu kerja otak.Karena gula dan oksigen adalah bahan bakar utama untuk otak.Kerja otak kita akan lambat laun semakin menurun apabila Anda kurang makan atau melewatkan waktu makan.Untuk itu tanpa asupan oksigen atau glukosa 3 – 5 menit Otak kita akan mengalami kerusakan  otak secara permanen.Fakta yang menarik apabila saat kepala seseorang dipenggal ,otak masih dapat berfungsi sementara karena otak belum mengalami kerusakan permanen atau  kematian fungsi dalam beberapa menit pertama.

Operasi otak tidak membuat  otak menjadi bodoh, akantetapi hanya bisa mengubah kepribadian saja.

Agak sedikit aneh & unik memang jika mengetahui tentang fakta ini,Mungkin Anda pernah mendengar istilah hemisferektomi atau  operasi otak,operasi ini  bertujuan untuk mengangkat sebagian otak ?Hemisferektomi merupakan tindakan bedah yang sangat langka, yang dilakukan untuk mengatasi kejang. Banyak sebagaian orang berpikir jika operasi ini akan menghilangkan sebagian “Porsi” otak yang mengakibatkan kecerdasan orang  tersebut mengalami penurunan secara draktis.Ini salah,Akan tetapi hemisferektomi tidak menyebabkan ganguan kecerdasan,tetapi memang dapat  mengubah sedikit fungsi otak seseorang paska operasi.Misalnya perubahan pada ingatan, kepribadian Anda atau selera humor

Mungkin Anda menyukai dan suka membaca kisah –kisah motivasi,Anda pasti pernah mendengar bahwa rata-rata manusia hanya memakai 10 persen dari kemampuan otaknya “Kenyataannya, kita menggunakan semua bagian dari otak dan sebagian besar dari otak kita aktif setiap saat,” ujar Gordon kepada Scientific American 7 Februari 2008.

Untuk itu kita benar-benar harus menjaga sekali otak kita dari sekala macam benturan ,mengingat akan pentingnya otak yang telah tuhan ciptakannya untuk kebutuan hidup kita,terutama  menghindari yang namanya cedera kepala,Apa itu cedera kepala. Cedera kepala (trauma kepala) adalah kondisi dimana struktur kepala mengalami benturan dari luar dan berpotensi menimbulkan gangguan pada fungsi otak. … Cedera kepala terbuka adalah apabila cedera menyebabkan kerusakan pada tulang tengkorak sehingga mengenai jaringan otak.

 

6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan dan Daya Ingat

 

  1. Salmon mengandung asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.
  2. Sudah banyak yang tahu bahwa telur merupakan sumber protein yang mudah didapat dengan harga yang cukup terjangkau.
  3. Selai Kacang.
  4. Gandum Murni.
  5. Buah Berry.
  6. Kacang-Kacangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *