Tahukah Anda Manfaat Inisiasi Menyusui Dini Pada Bayi ???

Dahulu bayi baru lahir dipuasakan dulu beberapa jam,baru kemudian disusui ibunya,Sekarang ,bayi harus segera disusui ibunya secepat mungkin dalam setengah jam setelah bayi lahir.Ini ada yang di maksud dengan inisiasi menyusui dini ( IMD ),yaiutu memulai menyusui bayi sedini  (segera ) mungkin.

Air susu ibu ( ASI ) adalah makanan terbaik bagi bayi.ASI yang pertama kali keluar mengandung kolostrum ,yaiutu bagian dari ASI yang mengandung karoten (bahan untun menjadi vitamin A ),protein.dan sedikit karbohidrat (golongan tepung-tepung ),lemak dan zat-zat lain yang sangat penting bagi kesehatan,pertumbuhan,serta perkembangan bayi.

Setengah sampai satu jam setelah bayi lahir,bayi diletakan diatas perut /dada ibunya secara tengkurap.Secara refleks,bayi akan mencari puting susu ibu dan mengisap.

Berikut manfaat ASI yang diberikan pada awal-awal kelahiran.

  1. Membersihkan usus bayi dari mekonium (kotoran bayi saat bayi dalam kandungan ibu,biasanya berwarna hitam )
  2. Merangsang pertumbuhan bakteri berguna sehingga bayi tidak mudah terkena infeksi.
  3. Mengandung zat kekebalan ( Immunoglobulin = ig ).Biasanya berupa IgG,IgM,IgD,dan SIgA.Immunoglobulin ini mampu menghancurkan kuman dan mikroorganisme yang masuk ketubuh.Di dalam ASI,juga terdapat sel-sel untuk kekebalan,yaitu limfosit ( seperti sel darah putih )dan makrofag ( sel besar yang berfungsi memakan benda asing dan kuman kemudian dihancurkannya).
  4. Mengandung enzim-enzim yang baik untuk metabolisme atau pencernaan dan membantu penyerapan zat besi (Fe) yang digunakan untuk membuat hemoglobin dalam sel darah merah.
  5. Dalam jangka panjang,ASI dapat mengurangi insiden karies ( Pembusukan atau perusakan) gigi dan posisi rahang yang tidak normal.

Berikan ASI dari kedua payudara,masing-masing 10 menit .Dari kedua payudara akan terhisap 125-130 cc ASI persatu kali menyusui.Bayi disusui ketika dia menangis karena lapar.

Bayi yang hanya diberi ASI saja pada trisemester pertama berat badannya akan naik 750 gr setiap bulan.Pada umur 4-5 bulan berat badan akan menjadi dua kali berat badan lahir (BBL).Pada usia satu tahun,berat badannya akan menjadi tiga kali berat badan lahir.

Menurut WHO ( Badan Kesehatan Dunia ),Asi eksclusif yaitu pemberian ASI selama enam bulan tanpa makanan pendamping dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi.Diharapkan dengan ASI eksklusif selama enam bulan,bayi tetap sehat.Allah Sunhannallah Wa Ta’ala mengingatkan bahwa pemberian ASI itu selama dua tahun.Setelah itu,makanannya sebagaiman makanan orang dewasa.

Jika ibu bekerja,cuti hamil dan melahirkaan hanya tiga bulan saay sudah memulai bekerja lagi.Plelajarilah bagaimana memeras ASI dan menyimpannya untuk diberikan kepada sang buah hati.Mendapatkan ASI itu hak anak,jika tidak,ibu sudah melanggar hak anaknya sendiri.

Kalau ASI tidak keluar,ibu harus selalu memberikan minuman pengganti yang dibuat dan diminumkan oleh ibu.Jangan terlalu mengandalkan pembantu atau siapapun,Ingat anak bukan hanya perlu air susu,tetapi juga tatapan mata dan belaian serta doa yang dilantunkan ibu selama proses menyusui.Bayi itu hidup dan punya naluri. (Artikel dikutip dari buku 99++ Solusi Medis,Herbal & Holistik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *