Tips Agar Tidur Anda Lebih Efektif & Efesien.

Tidur yang berkualitas bukan dari banyaknya,melainkan kualitas nyenyaknya

Semua orang ingin tidur nyeyak.Tidur nyenyak itu saat berbaring mau tidur,dalam 30 menit sudah tertidur.Jika sesudah membaringkan diri belum tertidur juga,sebaiknya jangan terus tidur.

Jadi,jika tidak bisa tidur nyeyak jangan dulu lari ke obat tidur.CTM memang bukan obat tidur,tetapi efek sampingnya bisa membuat tidur.Jika kita menggunakan obat CTM untuk mengatasi masalah tidur efeknya jika terbangun dari tidur akan merasakan kondisi bangun yang kurang enak pada badan kita.

Ada baiknya jika kita memiliki permasalahan kesulitan dalam tidur coba lakukan untuk menelurusi apakah ada penyakit yang kita miliki sehingga efeknya menjadikan tergangunya kondisi tidur kita,atau mungkin ada sesuatu yang tidak menyenangkan dan menggangu ketenangan ,atau mungkin juga sebelum tidur suka minum kopi dulu atau makan terlalu malam.Ada baiknya kita check terlebih dahulu tentang penyebabnya sebelum mengambil keputusan untuk meminum obat tidur.

Cobalah ubah gaya hidup dengan segala upaya melakukan yang baik untuk kesehatan dan menjauhi segala yang mengganggu kesehatan.Mengubah kebiasaan tidak semudah membalikan telapak tangan.Tekat yang kuat akan membawa kita mencapai cita-cita.Ubah pola makan dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah.Jangan makan malam sesudah jam 8,tidur dimulai dengan berwudu dan berdoa.Berikut beberapa tips agar tidur lebih efektif & efesien.

  1. Tidur pada jam-jam yang sama setiap malam,Misalnya antara jam 10 – 11.Rasulullah SAW tidak menyukai tidur antara magrib dan isya,lalu bagaimana jika sangat mengantuk ? jika sudah waktunya isya,segera shalat isya lalu tidur.Rasulullah SAW juga tidak menyukai mengobrol sesudah shalat isya.Antara magrib dan isya diisi dengan belajar agam atau hal-hal yang bermanfaat.Misalnya, mendampingi anak-anak menyelesaikan PR.
  2. Berwudu sebelum tidur,bersihkan pembaringan lalu berbaring miring kekanan,wajah menghadap kiblat,tangan kanan dibawah pipi kanan,tangan kiri diatas paha kiri.
  3. Berdoa sebelum tidur.Yaa,tidur itu ibaratnya seperti kita mati,kapanpun kita bisa meninggal dalam tidur jika Allah SWT menghendaki.Pada bayi manfaat tidur dalam kondisi  badan miring atau kepala miring adalah agar kalau dia muntah,muntahnya tidak masuk kehidung karena muntah yang masuk kedalam hidung untuk bayi sangata berbahaya.
  4. Bangun lebih pagi.Anak-anak yang bangun lebih pagi akan lebih cerdas,Rasulullah SAW bangun waktu sahur jam 2-3 untuk shalat tahajud terlebih dahulu,saat menunggu waktu subuh beliau tiduran sambil keadaan duduk.
  5. Tidak tidur lagi setelah shalat shubuh,kecuali jika sangat terpaksa .Misalnya,kelelahan atau baru sembuh dari dari sakit.Tidak baik juga tidur setelah shalat ashar.
  6. Tidur yang berkualitas bukan dari banyaknya,melainkan nyenyaknya.Jangan kurang jangan juga berlebihan.Kebutuhan tidur dipengaruhi usia,pekerjaan,kebiasaan dan gangguan penyakit fisik ataupun psikis.
  7. Sebaiknya tidur tidak dalam kondisi kekenyangan,tetapi juga jangan dalam kondisi kelaparan.Makan malam ( makan besar ) jangan lewat jam 8.Jangan makan berat juga setelah itu.Minum air putih saja.Sebaiknya,sediakan buah seandainya malam terasa lapar.

sumber:Buku solusi medis,herbal & hlolistik

Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *